Jumat, 25 Februari 2011

Tangga Nada Cromatics

Kumpulan dari semua nada dalam musik disebut sebagai Tangga Nada Kromatik , sebuah nama berasal dari bahasa Yunani : chroma, yang artinya warna. Dalam hal ini tangga nada kromatik berarti “nada dari tiap warna”.  Sama seperti warna cahaya menyatakan frekuensi yang berbeda-beda maka demikian juga dengan nada.
Karena nada selalu berulang untuk tiap oktaf yang ada, maka istilah ‘tangga nada kromatik’ sering dipakai untuk ke-12 nada dari tiap oktaf.
Perbedaan antara 2 buah pitch (nada) yang berdekatan disebut sebagai semiton.
Meskipun ada 12 nada dalam 1 oktaf, tapi hanya 7 huruf pertama dari abjad yang dipakai untuk memberi nama pada nada, yaitu dari A sampai G. Kelima nada yang lain dalam tangga nada kromatik diberi nama dengan menempatkan tanda kres (#)1 atau tanda mol (b) setelah notasi nada.
tangga nada kromatik pada nuts piano
tangga nada kromatik pada gitar
Dengan garis paling atas adalah senar 1 (pertama) pada gitar.
Ada banyak jenis tangga nada, yang dapat disusun dari nada-nada yang ada dalam tangga nada kromatik. Karena dalam tangga nada kromatik ada 12 nada, maka dapat dibuat berbagai tangga nada dengan membuat suatu susunan kombinasi dari nada-nada tersebut. Bisa dengan menghilangkan beberapa nada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar